Roti Gebug Maling

Merasa aneh dengan judul di atas?? Aneh memang… Hihiii..

Yang aku maksud dengan Roti Gebug Maling tak lain dan tidak bukan adalah Roti Prancis.

Roti Prancis adalah salah satu makanan yang membuatku penasaran pengen makan sejak kecil dulu. Dulu waktu kecil suka baca komik serial cantik dengan background tempat di Prancis (pas kecil kok… skrg udah ngga^^).  Sering digambarkan dalam komik tersebut,, para tokoh yang membawa sejumlah roti Prancis dalam bungkus kertas gedhee.

Wah, roti kok panjang gitu yach?? Rasanya kaya’ apa? Itu pikirku dulu… Penasaran. Sayangnya di kota kecilku tak ada yang jualan itu… Maklum, ndesit sih ^^

Setelah gedhe.. dan sekolah di yogya, beberapa kali melihat roti Prancis di toko roti. Tapi tiap kepengen beli… segera teringat kondisi dompet yang kering… begitulah nasib anak kos @.@

Qodarulloh,, waktu ke Bandung Desember kemarin… ketika nginap di hotel Sh*raton Bandung, setiap sesi breakfast… slalu disediakan roti Prancis di meja hidangan. Banyak yg pada ngambil… Cuma, aku terlalu malu buat ngambil,, habis aku udah ngambil banyak makanan sih (aji mumpung… berusaha mencoba sgala macam makanan yg belum pernah aku makan. Pokoknya setiap waktu makan di restoran hotel, bnr2 kenyang dah:P). Habis makan, slalu aku bilang pada diri sendiri, “Besok harus nyoba roti prancisnya!!”

Tapi, di hari berikutnya, aku juga selalu lupa… ingat-ingat selalu pas ngambil makanan penutup… dan pas piringku sudah penuh dg berbagai macam roti dan pudding, haha..^o^

Alhamdulillah,, bbrp hari kemarin, sepulang dari kantor ternyata suamiku beli roti Prancis ini di mall dekat rumah. “Biar ga penasaran lagi katanya..”

Dan ow ow ow ooow… roti ini benar2 bisa buat gebug maling (alaaaayyy). Orang Prancis jangan marah yaaaa.. kami cuma bercanda kok ^^

Ya. Kami berdua menyebutnya Roti Gebug maling. Habis keras sih. Digigit susah… diiris pake pisau, masih susah juga. Baru akhir-akhir ini ngeh,, harusnya motongnya miring, ngikut alur roti.

Di samping itu aku juga teringat salah satu adegan lucu di komik, ketika sang tokoh utama komik diganggu, dia akan memukul si pengganggu dengan roti prancis yg dibawanya. Bug! Bug! Bug! Dan kaburlah si pengganggu itu…

Tapi Alhamdulillah… udah ga penasaran lagi.. jazaakallohu khoiron ya zauji ^_^

Sekarang aku penasaran pengen bikin makanan dari roti prancis😀

———————————————————————————-

Dari tadi cerita ttg roti prancis tapi malah lupa cerita… apakah sebenarnya roti prancis itu….

Roti prancis (French Bread) sering disebut juga Baguette (baca: Baget).  Baguette adalah roti tradisional prancis ini memiliki kulit yang tebal dan keras, coklat dan rasanya bersifat asam. bagian dalamnya banyak berlubang-lubang.

Baguette asli terbuat menurut formula yang tidak mengandung lemak dari adonan asam. Roti Prancis yang paling baik adalah yang mempunyai banyak lubang-lubang/pori-pori yang besar, itu berarti remahnya kurang. Roti Prancis dicetak dengan berbagai bentuk dan panjang, yang panjangnya bisa mencapai setengah meter. Wow!!

Roti ini selain dimakan langsung (jangan lupa diiris dulu… kasihan giginya:D).. dan dioles dengan selai, sering juga dibuat makanan lain. Seperti sandwich, pudding, dipanggang campur daging, garlicbread, dll

Setelah searching… aku dapet ni cara bikinnya:

ROTI PRANCIS (BAGUETTE )

Bahan

  • 1 paket ragi kering
  • 1 sendok makan garam
  • 2 Tablespoons gula
  • 2 cangkir air hangat ½
  • 7 cangkir tepung
  • Putih telur, kocok sebentar

Cara Pembuatan:

  1. Grease cookie dua lembar.
  2. Larutkan ragi, garam, dan gula dalam air di mangkuk besar.
  3. Masukkan tepung bentuk adonan sampai kaku. Balikkan adonan ke permukaan berupa serbuk (meja atau talenan) dan uleni selama 10 menit.
  4. Membersihkan mangkuk, ringan minyak itu, dan kembali adonan ke mangkuk.
  5. Tutup mangkuk dengan bungkus plastik. Biarkan sampai adonan naik dua kali lipat, ½ jam atau lebih.
  6. Dip kepalan tangan Anda dalam tepung dan mendorong tinju Anda ke tengah adonan untuk “punch” itu turun. Keluarkan dari mangkuk, dan remas-remas 3 atau 4 kali lagi.
  7. Pisahkan adonan menjadi 4 bagian yang sama. Formulir sepotong roti masing-masing menjadi panjang. Tempat 2 pada masing-masing greased cookie sheet.
  8. Hati-hati atas diagonal slash setiap beberapa inci dengan pisau.
  9. Sikat roti dengan telur putih. Cover ringan dengan bungkus plastik dan biarkan roti naik lagi selama sekitar 30 menit.
  10. Panaskan oven sampai 400 ° F. Panggang roti selama 10 menit.
  11. Turunkan panas ke 350 ° F dan panggang 20 menit lagi.

Ada juga nih contoh resep sandwich:

BAGUETTE SANDWICH

Bahan

  • 1 kecil baguette (dibeli atau baru dipanggang; resep lihat di atas)
  • Keju (mungkin keju lembut, seperti Brie, atau keju keras, seperti Gouda)
  • Ham
  • Tomat
  • Daun selada
  • Mayones atau mustard
  • Cornichons (kecil acar Perancis manis)

Cara Pembuatan:

  1. Slice baguette membujur setengah.
  2. Menyebar satu setengah dengan mayones atau mustard, tergantung pada preferensi.
  3. Atur iris keju dan ham selama mayones tersebut.
  4. Slice manis acar di setengah, dan mengatur pada ham.
  5. Atas dengan irisan tomat dan selada.
  6. Bungkus dalam bungkus plastik dan membawa untuk makan siang jauh dari rumah.

Untuk 1 atau 2 porsi

Sebuah Prancis aksen unik untuk pengisian Sandwich baguette adalah cornichons (acar Perancis).

Sumber: Co-pas dari http://3boysofsmandela.blogspot.com/2010/08/daftar-makanan-yang-biasa-dikonsumsi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s