Pola Masak Sehat?!? Of Course!

Alhamdulillah…. genap sudah,,, 8 bulan berusaha memasak sehat,,, Alhamdulillah dapat lingkungan yg mendukung. Dulu pas msh lajang, aku sulit mempraktekinnya, alhamdulillah stelah nikah,, justru suami yg minta, dan beliau slalu protes klo masakannya beliau nilai ga sehat.. awal2,, masaknya suka jd kacau,, jd kaya “anyep” gt,,

Awalnya emang rada bosen,, kok kaya’nya gini2 melulu makanannya. Tapi alhamdulillah suami sangat support..

Kuncinya ada di pinter2nya mengkreasi bumbu dan sayur,, biarpun serba kukus/rebus,,insyaAlloh tetep enak ^^

Yah,, sekedar share aja…. ini beberapa hal yang sudah kulakuin untuk mewujudkan pola masak sehat ^_^

1. “Nggoreng” telur tanpa minyak… mensiasatinya, “goreng” dg api kecil,, shg telur tidak cepet gosong
2. Adakala,, telur dadar/omelet pun hanya dikukus. Perkedel, Tahu,, dll hehe. Resepnya sama kaya’ telur dadar dan perkedel pada umumnya… dikukus biasa, kadang ana tambahin bbrp tetes minyak zaitun
3. Makanan yg perlu santan… aku pakenya santan encer saja,, atoo,, santan kental tapi cuma dikit, ato ganti sebagian porsi santan dg susu kedelai,, tao yg sudah biasa, ato bisa diganti pula dg susu. => penggantian tergantung makanan yg mau dimasak………….. tapi sejauh ini, bisa dibilang aku jaraaaaanggg banget masak makanan yg ada santannya,,
4. Klo menumis,, gunakan minyak setengah dr yg biasanya.. ato pake minyak padi (aku ga suka pake minyak jagung, soalnya bikin makanan lengket di wajan)
5. Klo goreng2,, usahakan minyak yg baru ato minimal kondisi msh terlihat bagus
6. tapi klo aku sih,, selama lauk tsb msh cukup enak utk dikukus (dg sedikit dikreasikan di bumbu agar ttp nikmat) ya lebih milih dikukus/rebus
7. Klo masak terong,, mau di balado misalnya,,, ana kukus dg dikasih minyak zaitun,, ato klo yg blm biasa,, ana goreng sbentar bgt
8. masak ayam…. dr awal ketika mbersihin ayam, kulitnya aku buang,, pernah baca disebuah buku (maaf, lupa sumbernya).. ketika kita makan ayam yg dari awal tetap mengikut-sertakan kulitnya, meskipun ketika makan kita ga makan kulitnya,, tapi kolesterol dlm masakan masih tetap tinggi…. Jadi percuma aja kita ga makan kulitnya, kecuali bagian kulit sudah kita singkirkan sejak awal proses memasak
9. Selalu berusaha menyelipkan sayuran pada masakan apapun yg pd resep aslinya sbnrnya tak ada sayurnya
10. Jangan sediakan MSG di rumah. apapun alasannya. ALhamdulillah, masak ga pernah pake MSG. bagi yg blm biasa,, biasakanlah, hehe. Atasi dg kreasi bumbu ato ganti dg sedikit kecap (detikfood)

11.  Prinsip penting! Memanggang itu lebih baik daripada membakar! jadi, jauhi makanan bakar-bakaran ^^
12. Ketika memasak sayur, pastikan kita melakukannya dengan tehnik yang benar..  perhatikan suhu dan waktu masak agar zat gizinya tidak hilang

13. Mempunyai temen yang mempunyai visi dan misi yang sama dlm mewujudkan pola masak sehat tentunya sangat membantu
Hhmm,, apa lagi yah,,, sementara baru ini yang terdokumentasi… insyaAlloh,, semoga kemampuan masakku bisa makin berkembang…. Kali aja ntar bisa ikutan Master Chef, hehe

Ingat… kita tidak hanya butuh makanan yang enak di lidah, tetapi juga “enak” untuk tubuh kita..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s